Go

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Cepat

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 19th at 4:52pm
Share :

Tidak ada yang sulit jika sahabat mau belajar dengan keras, termasuk belajar bahasa Inggris. Apakah ada sahabat di sini yang justru sangat takut dengan bahasa Inggris? Atau sebenarnya yang membuat sahabat takut adalah guru bahasa Inggris sahabat yang killer? cry

Jika ada yang justru sangat takut dengan bahasa Inggris, apapun alasanya, semoga setelah membaca artikel singkat ini, sahabat mulai menyukai bahasa Inggris. Langsung saja mari kita bahas tips-tips belajar bahasa Inggris.

 

Tips-Tips Belajar Bahasa Inggris

  1. Pahami apa kelemahan kita di dalam bahasa Inggris, apakah tata bahasa, listening, vocabulary, speaking, atau reading yang lemah? Masing-masing kelemahan di dalam kemampuan tersebut tentu memiliki cara-cara tersendiri untuk meningkatkanya, misalnya untuk meningkatkan kemampuan kosakata, sahabat bisa memprogramkan satu hari dengan menghapal 5 kosakata. Bayangkan dalam satu bulan ada 150 kata, sehingga dalam satu tahun ada 1800 kata yang dihapal. Untuk tips belajar grammar, listening, speaking, dan vocabulary secara spesifik akan dibahas di dalam artikel lain di belajarbahasa.
  2. Carilah bahan-bahan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, misalnya aplikasi kamus, aplikasi pembelajaran bahasa (salah satunya aplikasi belajar bahasa), aplikasi suara, film, novel, surat kabar, buku tata bahasa, dan lain sebagainya yang beberapa di antara mereka bisa sahabat peroleh secara gratis di ponsel dengan mendownloadnya.
  3. Aturlah belajar bahasa Inggris sahabat secara rutin, Jika sahabat menggunakan smartphone maka buatlah reminder di kalender ponsel dan atur untuk secara berulang. Pastikan sahabat harus komitmen dengan jadwal yang sudah disusun sendiri.
  4. Untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris sahabat setelah belajar bahasa Inggris, cobalah latihan mengerjakan soal TOEFL, apakah sahabat mampu mengerjakannya atau masih kesulitan dengan soal-soal tersebut. Tentu bukan hanya TOEFL, sahabat bisa mengetes dengan cara membaca teks-teks berbahasa Inggris atau film-film berbahasa Inggris tanpa subtittle, apakah sahabat bisa memahaminya?
  5. Jika memungkinkan, sahabat bisa ikut bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris, entah itu komunitas yang berbayar (kursus) atau komunitas cuma-cuma (misalnya belajar kelompok) yang ingin belajar bersama. Dengan ikut bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris akan membuat sahabat lebih bersemangat dan lebih cepat bertanya jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.
  6. Terakhir, inilah yang terpenting. Jangan menyerah belajar bahasa Inggris. Batu yang keras saja jika terkena tetesan air hujan dalam jangka waktu yang lama akan berlubang juga. Tentu begitu juga dengan bahasa Inggris. 

 

Memanfaatkan Situs Belajar Bahasa

Selain tips-tips diatas, sahabat juga dapat memanfaatkan situs belajarbahasa.id ini untuk mempermudah mendapatkan materi-materi pembelajaran Bahasa Inggris dan yang lainnya

  1. Manfaatkan video pembelajaran Practical English untuk mengetahui vocabulary-vocabulary yang umum dalam percakapan sehari-hari.
  2. Manfaatkan video pembelajaran Academic Writing untuk pembelajaran lebih mendalam tentang Bahasa Inggris dibahas dari sisi lingustik.
  3. Manfaatkan forum tanya jawab di belajarbahasa.id untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait pembelajaran bahasa
  4. Juga jangan lupa baca artikel-artikel yang mungkin dapat membantu sahabat memahami Bahasa Inggris

Semoga dengan itu semua sahabat dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Selamat Belajar!

Artikel Lainnya

About dan Sinonimnya dalam bahasa Inggris
Fast Car or Quick Car? Ini Dia Perbedaan Fast dan Quick
Perbedaan Sport dan Game
Can and Could
As, Because, Since
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi