Go

Cara Paling Mudah Membedakan a, an, dan the!

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 11th at 11:06pm
Share :

Pada artikel yang lain di situs belajarbahasa.id telah dibahas mengenai penggunaan a, an, dan the secara lengkap. Pada artikel ini, saya hanya akan membahas bagaimana cara membedakan a, an dan the secara sederhana agar mudah sahabat pahami. Secara umum setiap kata benda di bahasa Inggris selalu diikuti a, an, atau the, kecuali kata-kata tertentu, misalnya kata yang plural tidak wajib diikuti the. Jadi, manakala sahabat akan membuat kalimat bahasa Inggris, pastikan a, an dan the digunakan ya, contoh;

  1. She is a student

  2. She is student

  3. I have a book

  4. I have many books

  5. I have book

  6. I have an umbrella_

Kalimat 1,3, dan 4 adalah benar. Kalimat 1 dan 3 yaitu student dan book adalah kata benda tunggal sehingga kita menggunakan a, sedangkan no 4 books adalah plural jadi haram menggunakan a. Pada kalimat nomer 6, kita menggunakan an karena kata benda umbrella memiliki fona vokal. Sehingga kita menggunakan an umbrella bukan a umbrella. Sedangkan the digunakan untuk merujuk kata benda yang sudah pasti. Nomer 2 dan 5 salah karena kata benda tidak diikuti a atau the. Untuk mempermudah kita bisa artikan the dengan makna "tersebut". Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa perhatikan contoh penggunaan the pada kalimat di bawah ini:

  1. I have many books. The books are expensive. Saya punya banyak buku. Buku-buku tersebut mahal.

  2. We have a novel. The novel is written by Tere Liye. Kami mempunyai sebuah novel. Novel tersebut ditulis oleh Tere Liye.

  3. I have the an umbrella. The umbrella is colorful. Saya mempunyai sebuah payung. Payung tersebut warna-warni.

Jadi bisa disimpulkan, a dan an digunakan untuk merujuk pada benda yang tunggal atau tidak diketahui dengan pasti yang mana barangnya. Hanya saja bedanya an diikuti kata benda tunggal yang diawali bunyi vokal (ingat! bunyi bukan huruf) Sedangkan the digunakan untuk merujuk kata benda yang sudah jelas, kita bisa mengartikan the dengan "tersebut". Selain itu, perbedaan lainya yang sudah pasti adalah a hanya bisa diikuti kata benda tunggal sedangkan the bisa diikuti kata benda tunggal atau jamak, contohnya adalah pada kata the books (books adalah plural) dan the novel (novel adalah tunggal) pada kalimat di atas. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh penggunaan the di bawah ini:

  1. There is a student in the class. The student uses white shoes.

  2. There are many students in the class. The students use white shoes.

The student: siswa tersebut

The students: siswa-siswa tersebut

Artikel Lainnya

Wait dan Wait For
Daftar Kata Kerja yang Bisa Menjadi State Verb dan Action Verb: I Think atau I am Thinking?
Each Other dan One Another
Born, Bear, Bore, dan Borne
Daftar Kosakata Nama-Nama Binatang Bahasa Inggris
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi