Go

KONBA (konjugasi verba) bahasa Perancis

Ditulis oleh Linda Fauziah
Dipublikasikan pada October 12th at 9:41pm
Share :

Bonjour à tous! Ça fait longues temps.

Setelah berkenalan dengan subjek-subjek dalam bahasa Inggris, sekarang kita berkenalan dengan kata kerjanya. Pada dasarnya kata kerja dalam bahasa Perancis itu sama dengan bahasa Inggris dalam hal hubungan dengan subjeknya. Dalam kalimat bahasa Inggris, untuk subjek I, You, We, dan They diikuti dengan kata kerja bentuk infinitif, sedangkan untuk subjek He, She, It ada penyesuaian kata kerja dengan subjeknya dengan menambahkan –s atau -es. Misalnya dalam kalimat “ They eat pizza, she eats salad”. Begitupun dalam bahasa Perancis, namun penyesuaian ini berlaku untuk seluruh subjek, artinya setiap subjek memiliki bentuk penyesuaian yang berbeda.

Sebelum masuk ke penyesuaian-penyesuaian itu, kita berkenalan dulu dengan kata kerjanya. Verba bahasa Perancis terbagi dari dua bagian, yaitu akar kata (radical) dan akhiran (termanaison). Penyesuain verba ini terbentuk pada akhiran kata kerja, dimana biasanya akar katanya akan tetap atau tidak berubah (terkecuali dibeberapa verba tertentu).

Untuk lebih mempermudah dalam penyesuaiannya, akhiran verba ini bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:

a. bentuk infinitif (donner, aller, finir, sentir)

b. persona/orang pertama kala présent indikatif (donne, vais, finis, sens)

c. bentuk pastisip présent (donant, allant, finissant, sentant).

Lebih gampangnya, kata kerja bahasa Perancis itu berakhiran –er, -ir, dan –re.

Bagi kalian yang ingin belajar bahasa Perancis, intinya bersiap-siaplah untuk mengkonjugasi setiap kata kerja yang akan kalian gunakan, karena konjugasi itu digunakan bukan hanya untuk penyesuaian verba dengan subjek saja, tapi juga dengan kala, modus, dan diastesis. Tapi tunggu dulu, sebagai seseorang yanng belajar behasa Perancis, jangan lihat itu sebagaihal yang akan menghantui pikiran kalian kalau bahasa Perancis itu sulit. Justru konjugasi itu akan menjadi challenge tersendiri dan membuat otak kalian lebih sehat (bekerja lebih keras).

Sebagai salam penutup, kalau kalian baca tullisan ini dengan benar, kalian akan menemukan kata donner, aller, finir, dan sentir. Bonus kosa kata untuk kali ini.. donner artinya memberi, aller artinya pergi, finir artinya selasai, dan sentir artinya merasa. Sampai disini dulu untuk kali ini... au revoir!

Artikel Lainnya

Teks Narrative: Struktur, Tujuan, Dan Ciri-Cirinya
Arti dan Penggunaan Ain't di dalam Bahasa Inggris Informal
Make-Made
Have been in atau Have you been to?
Tenses dalam Bahasa Korea - Future Tense (Part I)
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi