Go

Mengenal sapaan dalam bahasa Perancis

Ditulis oleh Linda Fauziah
Dipublikasikan pada October 12th at 9:41pm
Share :

Bapak/Ibu, Tuan/Nyonya, Mas/Mba adalah sebutan yang digunakan orang Indonesia untuk memanggil atau menyapa orang lain, sedangkan dalam bahasa Inggris kata yang sering digunakan adalah Mister, Miss, atau Misses. Lalu dalam bahasa Perancis bagaimana? Jawabannya singkat, Monsieur dan Madame. Monsieur (dibaca ‘meusye’) itu sepadan dengan Mister dalam bahasa Inggris sedangkan Madame (dibaca ‘madam’) sepadan dengan Miss. Sebenarnya ada satu panggilan lagi yang diperuntukan untuk perempuan yaitu Mademoiselle (dibaca ‘madmoazel’), namun sebutan ini dianggap kurang sopan apabila kita tujukan pada orang yang baru atau tidak kita kenal, biasanya sebutan ini digunakan oleh orang tua kepada yang lebih muda.

Bagaimana dengan sapaan atau kalau lebih kerennya greeting? Jawaban untuk pertayaan ini juga sangat singkat, Bonjour dan Bonsoir. Perbedaan antara dua sapaan tersebut adalah waktu penggunaannya. Bonjour (dibaca ‘bongzur’) digunakan ketika matahari masih ada dalam pandangan kita atau kita masih bisa merasakan hangatnya sang mentari. Sedangkan bonsoir (dibaca ‘bongsoar’) digunakan ketika matahari sudah "kembali ke sarangnya". Kalau dalam bahasa Inggris kedua sapaan ini sepadan dengan good morning, good afternoon dan good evening. But, how about good night? Nah jika kamu ingin mengucapkan good night sapalah dengan bon nuit ( dibaca ‘bonnuit’).

Kayanya masih ada yang kurang ya... "Apa kabar?" Nah itu dia. Yang satu ini memang rada ribet nulis dan bacanya. Kalau penulisannya ‘Comment allez-vous?’ dibacanya "komong talevu". Jawabannya adalah dengan ucapan " baik, terima kasih. Kamu?" dalam bahasa Perancisnya " très bien, merci. Et vous?" (dibaca "tre biang, mersi. E vu?").

Jadi, sekarang kamu sudah bisa menyapa dengan bahasa Perancis dengan; bonjour Monsieur, bonjour Madame jika kamu masih bisa merasakan kehangatan sang mentari; dan bonsoir Monsieur, bonsoir Madame jika sang mentari sudah kembali ke sarangnya. Percakapan singkatnya mungkin seperti ini:

A : Bonjour Madame!

B: Bonjour!

A : Comment allez-vous?

B : Très bien, merci. Et vous?

A : Très bien.

Oke, bonus kali ini adalah buat kalian yang sudah punya orang yang terkasih. Panggilan untuk orang yang kalian sayangi adalah ma chère (jika perempuan) dan mon cher (jika laki-laki). Jika kamu ingin mengucapakan "Selamat tidur, sayang!" kamu bilang saja "Bon nuit, ma chère/mon cher!"

Artikel Lainnya

Else
May as Well dan Might as Well di dalam bahasa Inggris Informal
Demonstrative pronoun
Mengenal Bahasa Perancis
Be Likely To
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi