Go

Cara Menyambut dan Menyebut Nama Orang Korea

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 17th at 5:26pm
Share :

Dalam budaya Korea terdapat sambutan untuk menghargai orang lain. Kata yang digunakan adalah 안녕하세요 atau 안녕하십니카yang digunakan dalam situasi yang lebih formal. Namun kedua kata itu sama fungsinya yaitu untuk sapaan sambutan di semua waktu. Dalam bahasa Indonesia kata 안녕하세요 atau 안녕하십니카bisa diartikan dengan selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam. Berbeda dengan sambutan di Indonesia yang berganti-ganti tergantung waktu yang terjadi, dalam budaya Korea cukup menggunakan kata 안녕하세요 atau 안녕하십니카 untuk semua waktu.

Ketika menyapa nama orang yang lebih tua atau lebih senior yang kita hormati dari kita maka kita harus menggunakan gelar mereka seperti 사장님(direktur) dan 교수님 (professor). Contohnya Prof. Park; 박교수님. Imbuhan kata nim dibelakang berarti menunjukan rasa hormat. Akan tetapi, untuk memanggil teman kita yang sama satu pantaran yang masih kita hormati maka kita menggunakan partikel 씨 setelah nama orang tersebut, misalnya kita akan memanggil atau menyapa saudara Monsu; 먼수씨. Dalam bahasa Indonesia kata 씨 sama seperti kata mas, mbak, bapak, atau ibu.

Untuk memanggil anak kecil atau teman dekat yang seumur atau lebih muda orang Korea menggunakan nama depanya saja diikuti dengan 아 jika nama yang bersangkutan berakhiran dengan kosonan atau diikuti dengan kata 야 jika berakhiran dengan huruf vocal. Contohnya:

Yuna: 유나야

Tasin: 타신아

Jika kita tidak mengetahui sebutan yang pantas untuk seseorang karena tidak tau status sosialnya apa maka kita bisa menggunakan dengan kata 선셍님.

Artikel Lainnya

Most, Most Of, The Most, and Mostly
Me too, So Do I, Nor Me, dan Neither Me
Gonna, Gotta, Wanna: Mari Mengenal Bahasa Gaul ini!
Names and Tittle
Perbedaan Bear dan Bare
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi