Go

Belajar Langsung Bahasa Jepang di Negeri Sakura

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada October 17th at 11:03am
Share :

Bagi kita orang Indonesia yang akan atau ingin berkuliah di negeri sakura, Jepang, jangan takut akan keterbatasan bahasa yang kita miliki. Setibanya nanti di Jepang, mahasiswa asing akan langsung diarahkan untuk mengikuti program kelas bahasa Jepang yang tentunya akan sangat membantu untuk kehidupan kita disana.

Sebelum kita mengikuti program kelas bahasa Jepang ini, pertama kali yang kita hadapi adalah ujian. Disini, kita diuji terlebih dahulu sejauh mana kemampuan kita dalam memahami bahasa Jepang. Tes ini dilakukan secara tertulis dengan berbagai soal yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tes ini terbagi menjadi lima tingkat kesulitan yang akan menjadi bahan pertimbangan pada tingkat berapa kita akan ditempatkan.

Apabila kita, sebagai mahasiswa asing, tidak bisa mengerjakan sama sekali soal tersebut, maka dengan otomatis kita akan ditempatkan di kelas pemula, dan apabila kita mampu mengerjakan pada tingkat kesulitan tertentu, maka kita akan ditempatkan dalam kelas yang setara dengan kemampuan yang kita miliki. Singkatnya, tes ini dilakukan untuk membagi mahasiswa asing kedalam lima kelas yang berbeda sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang yang kita miliki.

Mungkin, beberapa atau banyak sekolah-sekolah menengah atas di Indonesia banyak yang mengajarkan bahasa Jepang oleh guru kita yang bukan native Jepang, tetapi belajar dan bertemu dengan guru bahasa Jepang yang tentunya orang Jepang asli secara langsung rasanya sangat-sangat berbeda. Sebagai orang Indonesia, kita pasti berpikir akan sulitnya berkomunikasi dengan guru tersebut mengingat kemampuan bahasa Jepang kita yang masih dasar. Namun, mereka memang sudah terbiasa untuk mengajar dan berinteraksi dengan mahasiswa asing sehingga kemampuan mereka untuk berbicara bahasa Inggris sangat fasih. Rumornya belajar bahasa Inggris bagi orang Jepang sangatlah terkenal sulit, mengingat karakter huruf yang mereka gunakan yang berasal dari Cina benar-benar berbeda dengan alfabet. Sehingga hal tersebut menjadi kendala besar bagi mereka dan mereka perlu belajar dua hal sekaligus tidak seperti kita yang sudah mengenal huruf abjad yang sama dengan bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, cara mereka untuk mengajar bahasa Jepang pun sangat patut untuk diacungi jempol. Cara mereka mengajar begitu aplikatif, tidak kaku, dan sangat komunikatif, tidak monoton dan tidak satu arah. Mereka selalu menggunakan cara-cara yang menarik untuk mengajar seperti seringkali menggunakan games atau media lainnya sehingga mudah untuk dipahami. Buku teks yang digunakan pun sangat menarik sekali, untuk setiap kosakata baru atau pola kata baru akan selalu didampingi dengan gambar yang interaktif yang tentunya membuat lebih mudah untuk dipahami.

Selain itu, hampir disetiap pertemuannya kita akan selalu dipasangkan dengan duua orang secara bersama dengan tujuan ketika setiap kali mempelajari kosa kata atau pola kata baru dalam bahasa Jepang maka kita akan langsung belajar cara penggunaanya. Jadi, setelah mendapatkan pola kata baru kita akan selalu diberikan waktu untuk berlatih satu sama lain. Cara mengajar mereka pun tidak tergesa-gesa dan sudah diatur dengan sedemikian rupa.

Pada setiap harinya, kita akan bertemu dengan guru yang berbeda-beda sehingga dengan masing-masing cara mengajar mereka yang khas kita tidak akan mudah merasa bosan atau jenuh. Jadi, apabila di hari senin kita diberikan kosa kata serta pola kata baru maka pada hari selasa hingga kamis akan terus dilakukan pengulangan dengan guru dan cara belajar yang tentunya berbeda. Dengan begitu kita akan benar-benar menguasai kosa-kata serta pola kata baru yang telah diajarkan tanpa rasa bosan.

Selain belajar materi-materi bahasa Jepang, terkadang saat proses belajar akan dihadirkan langsung mahasiswa asal Jepang untuk bergabung dalam kelas. Dengan begitu, kita dapat langsung belajar berkomunikasi dan mempraktekannya langsung dengan mahasiswa asal Jepang. Ini menjadi hal yang sangat penting ketika belajar bahasa asing yaitu perlunya lingkungan yang mendukung kita untuk mengaplikasikan apa yang sudah kita pelajari.

Di Jepang, sehari-hari mau tidak mau kita dituntut untuk mampu berbahasa Jepang setidaknya kita harus mampu mengetahui kosa kata dasar serta ungkapan-ungkapan yang sering diucapkan sehari-hari. Mengingat disini rasanya hampir tidak mungkin kita selalu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu dapat disimpulkan  jika  keadaan lingkungan akan sangat menuntut kita untuk mampu menguasai bahasa Jepang akan membuat kita mampu mempelajari bahasa Jepang lebih cepat daripada belajar bahasa Jepang di Indonesia.

 

Artikel Lainnya

Ukuran Panjang, Luas, dan Suhu dalam Bahasa Inggris
To
Arti dan Penggunaan Ain't di dalam Bahasa Inggris Informal
Plural and Singular Nouns
A Bit (of) dan (Bits) of
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi