Go

Etika Terhadap Orang yang Lebih Tua di Korea

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 25th at 10:59am
Share :

Masyarakat Korea termasuk masyarakat yang memperhatikan kedudukan usia atau umur dalam beretika. Sejarah Korea yang berupa kerajaan bercorak bulgyo, sistem nilai dalam hubungan sosial kemasyarakatan terbentuk oleh nilai-nilai konfusionisme kerajaan yang terbentuk dalam tingkat kedudukan usia dalam masyarakat yang menyeluruh. Hal ini berakibat memunculkan etika yang berbeda-beda dalam hubungan sosial masyarakat. Karena pengaruh itulah, masyarakat Korea sangat memperhatikan bagaimana anak berinteraksi kepada orang tua, teman sebaya dengan teman sebaya dan orang tua kepada anak-anak. Etika tersebut sangat diperhatikan agar terjadi keselarasan nilai, moral dan etika sehingga terhindar dari kesalahpahaman. Oleh karena itu, etika masyarakat Korea mengandung nilai-nilai konfusianisme yang merupakan pokok dari ajaran untuk saling menghargai (sebaya), menghormati (orang tua) dan menyayangi (anak-anak).

Dalam masyarakat Korea Etika kepada orang yang lebih senior merupakan sesuatu yang sangat penting dan sangat diperhatikan, misalnya jika minum bersama dengan mereka yang lebih tua maka kita minum setelah bersulang kepadanya. Jika kita duduk bersama dengan orang yang lebih tua maka kita diharuskan berlutut merunduk di depanya. Dan etika makan dengan mereka adalah setelah orang yang senior itu telah siap dengan peralatan makanya.

Korea sangat memperhatikan unggah-ungguh bahasa. Untuk menyapa orang yang lebih tua beberapa kata akan berubah. Misalnya ketika mengatakan ada monsu maka kita cukup mengatakan 먼수있어요 tetapi ketika mengatakan ada Ibu maka akan berubah menjadi 어머니계세요. Walaupun perubahanya tidak sebanyak dalam bahasa Jawa akan tetapi perubahan kata dan pemilihan kata untuk orang yang lebih tua harus diperhatikan.

Jika di tempat kerja, maka jangan sekali-kali menyapa atasan dengan melambaikan tangan kepadanya karena itu sama sekali tidak sopan. Ketika memberi salam, meminta maaf, dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan maka dilakukan dengan membungkukkan badan bagian atas dengan 45 derajat.

Artikel Lainnya

Kata Kerja "Be" (is, am, are, was, were): Transitive or Intransitive?
Peribahasa Indonesia dalam Bahasa Inggris
AS
Perbedaan Pengucapan dan Makna Even dan Event
Pola Kata Dasar dalam Bahasa Arab
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi