Go

Kisi-kisi SBMPTN Bahasa Indonesia 2016 Terbaru!

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada December 15th at 11:11pm
Share :

.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya (kisi-kisi SBMPTN Bahasa Inggris), apapun program studi yang kita ambil baik yang berkaitan dengan SAINTEK (Sains dan Teknologi) maupun SOSHUM (Sosial dan Humaniora), kita pasti akan bertemu dengan mata uji bahasa. Untuk mata uji bahasa Indonesia, pertanyaan-pertanyaan yang disajikan lebih variatif atau beragam dari tahun-ketahunnya. Tapi ini dia materi yang selalu keluar di SBMPTN!

1. Memahami teks

Teks lagi-lagi selalu mendominasi soal-soal pada SBMPTN. Terdapat beberapa hal yang biasa ditanyakan pada soal SBMPTN seperti; mencari gagasan utama, topik, ide pokok, opini pada teks yang ada, dan mencari tujuan dari penulisan teks. Selain itu, pada soal yang terkait dengan teks juga biasanya kita harus dapat mencari atau memilih pertanyaan yang ada yang jawabannya merujuk pada teks. Misalnya contoh pada soal SBMPTN berikut ini:

Kajian tentang kemampuan berbahasa Indonesia masyarakat desa terpencil, terutama kajian karakteristik tuturan basa-basi, belum dilakukan banyak orang. Padahal, basa-basi merupakan peristiwa berbahasa yang menarik untuk dipelajari terkait dengan budaya masyarakat. Fenomena berbahasa tersebut memberikan peluang besar bagi peneliti bahasa untuk lebih mendalami kaitan berbahasa dan berbudaya.

  1. Ide pokok bacaan di atas adalah..

(A) Karakteristik tutur basa-basi.

(B) Kurangnya kajian tutur basa-basi.

(C) Kaitan basa-basi dengan budaya.

(D) Penelitian budaya basa-basi.

(E) Kaitan bahasa dan budaya dalam komunikasi.

(Soal SBMPTN 2014)

...

Yap, soal seperti ini selalu muncul setiap tahunnya dan dipastikan muncul kembali di tahun 2016 ini. Kita harus dapat memahami teks dengan baik, baik secara implisit maupun eksplisit, memahami isi paragraf, menyimpulkan isi teks, dan juga dapat mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif pada suatu teks.

 

2.Kalimat baku

Ini juga selalu keluar di SBMPTN, dan diprediksi akan keluar lagi di SBMPTN 2016 tahun ini! Kalimat baku ini antara lain kita harus dapat membenarkan kalimat atau paragraf yang ada menjadi kalimat yang baku.

2.1  Diksi/ EYD/ Imbuhan

Diksi, ejaan yang disempurnakan (EYD), dan imbuhan bukan hal yang asing pada pelajaran bahasa Indonesia. Yap, kita harus dapat mengidentifikasi diksi (pilihan kata yang tepat dan selaras) yang sesuai dengan teks agar teks yang ada menjadi teks yang isinya sesuai koheren

2.2 Tanda baca pada teks

Ini salah satu jenis lain pertanyaan terkait teks. Tidak hanya memahami isi teks, kita juga dituntut untuk dapat memahami dan mengidentifikasi kesalahan tanda baca pada teks, seperti kesalahan pada penempatan titik, koma, titik koma, tanda seru, tanda tanya, dll.

Misalnya pada contoh potongan teks dan soal SBMPTN berikut ini:

… (7) Menurut Felder dan Soloman (1993). "Pembelajar di zaman informasi ini mempunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing dan visual." (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata…

  1. Kesalahan tanda baca koma terdapat pada kalimat…

(A) (3)

(B) (5)

(C) (7)

(D) (8)

(E) (11)

(Soal SBMPTN 2015)

...

 

3. Merujuk Pada

Pertanyaan yang selalu keluar di SBMPTN yaitu ‘Kata 'itu' pada baris ke satu merujuk pada.’ Nah pada soal jenis ini, kita diajak untuk teliti saat membaca teks yang ada. Misalnya pada contoh potongan soal berikut ini:

  1. Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk kepada..

(A) generasi acuh tak acuh.

(B) generasi ini.

(C) generasi.

(D) remaja

(E) siswa

(Soal SBMPTN 2015)

...

 

5. Tabel/ diagram/skema

Ini mungkin soal hiburan pada mata uji bahasa Indonesia di SBMPTN. Soal yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram ataupun skema. Perihal soal yang ditanyakan pun semuanya terdapat di data yang disajikan, jadi kita tidak harus membaca teks pada soal jenis ini. Cukup perhatikan tabel dengan seksama!

 

6. Membuat daftar pustaka dan kutipan

Menulis daftar pustaka dan membuat kutipan adalah soal yang selalu keluar di Ujian Nasional. Tidak hanya di ujian nasional, di SBMPTN pun soal jenis ini selalu ada loh!

 

Soal pada SBMPTN mata uji bahasa Indonesia dapat dibilang mudah dari pada mata uji lainnya, tapi hati-hati ya… semua jawabannya selalu membuat kita bingung dan bimbang. Kenapa? Karena pilihan jawabannya sepertinya semua benar! Kuncinya? Kita harus banyak-banyak berlatih mengerjakan soal latihan agar kita dapat mengidentifikasi jawaban mana yang benar!


Good luck guys, semoga berhasil dan semoga diterima di program studi pilihan kamu yaaa!

Artikel Lainnya

Plenty atau A lot Of
Pengertian dan Jenis-Jenis Kamus
Past Perfect Subjunctive
Historic Present: Perbedaanya dengan Present Tense dan Past Tense
Exclamations
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi