Go

Perbedaan Homofon, Homograf, dan Polisemi

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada October 17th at 10:11am
Share :

Homonim merupakan dua buah kata atau lebih yang bentuknya sama baik penulisan maupun pengucapan akan tetapi memiliki makna yang berbeda. Contoh kata apel pada kalimat setiap hari Senin anak-anak melakukan apel pagi dan kata apel pada kalimat tadi malam Sinta diapeli kekasihnya. Keduanya memiliki bentuk sama tetapi artinya berbeda. Kata apel pada kalimat pertama berarti 'melaksanakan upacara', sedangkan kata apel pada kalimat kedua berarti 'kencan atau bertemu dengan kekasihnya'. Contoh lain adalah kata bisa yang berarti sanggup dan bisa yang berarti racun.

Ø HOMOFON

Homofon merupakan dua ujaran atau lebih yang ucapannya sama akan tetapi penulisannya dan maknanya berbeda. Misalnya, kata bank dan bang keduanya merupakan contoh homofon karena pengucapannya sama namun arti dan penulisan kedua kata tersebut berbeda. Bank berarti 'tempat menyimpan uang_'_ sedangkan bang merupakan bentuk singkatan dari abang yang berarti 'panggilan untuk kakak laki-laki_'_.

Ø HOMOGRAF

Homograf adalah dua kata atau lebih yang penulisannya sama, tetapi pengucapannya berbeda. Contohnya, kata mereka ada yang berarti merancang dan ada juga yang berarti 'bentuk jamak dari dia'. Selain itu memerah bisa berarti 'melakukan perah'dan bisa juga berarti 'menjadi merah'.

Ø POLISEMI

Polisemi merupakan satu kata yang pada distribusi berbeda memiliki beberapa variasi makna, yaitu makna yang berbeda, tetapi masih tergolong dalam satu arti atau secara singakt polisemi dapat diartikan sebagai kata yang memiliki makna lebih dari satu. Contohnya, kata kepala dapat berarti bagian 'tubuh manusia', dapat juga berarti 'ketua' atau 'pimpinan' tergantung dari konteks. Kata kepala yang berarti 'bagian tubuh manusia_'_ misalnya ada pada kalimat kepalanya luka terkena pecahan kaca. Kata kepala yang berarti pimpinan misalnya ada pada kalimat kepala kantor itu bernama Burhan

Artikel Lainnya

Mustn't dan Don't/Doesn't Have to
Apa Bahasa Inggrisnya Pekerjaan: Work, Employment, Career, Profession, Occupation, Practice, Trade?
Which, In Which, For Which, Of Which, From Which: Apa Bedanya?
Kalimat honorifik (Part I)
Cara Membuat Surat Menggunakan Email dalam Bahasa Inggris
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi