Go

Perbedaan Antara Sea dan Ocean

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada October 19th at 2:29pm
Share :

Apa perbedaan antara sea dan ocean? Secara sederhana kita bisa membedakan dari segi maknanya di dalam bahasa Indonesia. Kita tahu sea diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan "laut", sementara ocean diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan "samudera". Menurut https://oceanservice.noaa.gov, perbedaan antara sea dan ocean adalah sebagai berikut:

"Laut lebih kecil dari samudera dan biasanya terletak di mana daratan dan laut bertemu. Biasanya, laut sebagian tertutup oleh daratan."

Dari penjelasan ini sangat jelas bahwa sea adalah bagian dari ocean, di mana karakteristiknya adalah sea berdekatan dengan daratan.

Ada tujuh samudra besar di dunia yang saling terhubung satu sama lain, yaitu: Atlantik Utara, Atlantik Selatan, Arktik, Hindia, Pasifik Selatan, Pasifik Utara, dan Lautan Antartika.

Contoh laut adalah laut Jawa, laut Hitam, dan laut Mediterania. Sekarang coba perhatikan kedua kalimat di bawah ini, manakah yang benar?

1. He lives by the ocean.

2. He lives by the sea.

Jawaban yang tepat adalah (2) He lives by the sea (dia tinggal di tepi laut). Mengapa? Seperti penjelasan di atas bahwa sea atau laut memiliki batas dengan daratan, sementara ocean atau samudera adalah lautan luas yang secara geografis tidak ada satu orang pun yang bisa tinggal di ocean.

Artikel Lainnya

Arti dan Penggunaan Ain't di dalam Bahasa Inggris Informal
Fast Car or Quick Car? Ini Dia Perbedaan Fast dan Quick
Pengertian dan Perbedaan Antara Polisemi dan Homonimi
Perbedaan Makna Denotasi dan Konotasi
Used to
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi