Go

Adjunct dan Adverbial

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 15th at 11:12pm
Share :

Adverbial adalah bagian dari kalimat seperti halnya subjek, predikat, dan pelengkap yang berfungsi untuk memberikan tambahan keterangan. Harus dibedakan konsep adverbial dan konsep adverb. Adverbial adalah pada fungsi kalimat, sementara itu, adverb adalah kata keterangan seperti quickly, soon, dll dalam kelas kata.Sebuah adverbial berfungsi untuk memodifikasi kata kerja. Maksud dari modifikasi di sini adalah bisa menambahi makna, membatasi makna, atau mengubah makna dari suatu kalimat. Adverbial bisa berupa frasa kata benda, frasa preposisi, dan klausa.

a.We met that morning . (Kami bertemu di pagi itu, that morning adalah frasa kata benda)

b. She puts her book on the table. (Dia meletakkan bukunya itu ada di atas meja, on the table adalah frasa preposisi)

c. We met because he lost her money. (Dia menangis karena dia kehilangan uangnya, because he lost her money adalah klausa)

Jika diperhatikan dari kalimat di atas, fungsi sebuah adverbial sangat berpengaruh terhadap makna kalimat secara utuh. Jika adverbial dihilangkan dapat menyebabkan makna kalimat tidak lengkap atau rumpang.

ADJUNCT

Adjunct adalah jenis adverbial yang menambahkan informasi pada kalimat. Jika dihilangkan, adjunct tidak mempengaruhi keutuhan makna kalimat sehingga makna kalimat masih masuk akal. Adjunct menambahkan informasi tambahan, tetapi bersifat opsional. Artinya adjunct tersebut tidak wajib hadir di dalam kalimat.

She puts her book on the table.

She puts her book.

Pada kalimat di atas, on the table adalah adverbial karena jika dihilangkan kalimat tersebut menjadi tidak lengkap. Bandingkan dengan adjunct berikut ini:

(1) She dropped her handbag next to my seat and sat down.

(2) She dropped her handbag and sat down.

Next to my seat adalah adjunct karena jika dihilangkan pada kalimat ke (2) tersebut makna kalimat tetap utuh.

Artikel Lainnya

Begini Cara Penggunaan Either yang Benar
Aba-aba dalam Bahasa Inggris
Apa Sebenarnya Arti Spoiler?
Perbedaan Antara Hiponim dan Hipernim
Perbedaan Near dan Nearby
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi